Lomba Karya Tulis dan Poster 2013

SANYO DIGITAL CAMERAPada hari Kamis, tanggal 14 Februari 2013, saya dan teman saya, Ahmad Fauzan Amirul Isnain, mengikuti Lomba Karya Tulis dan Karya Poster Tingkat SMP Se-Kota Depok yang diadakan di SMPN 2 Depok, lomba ini bertema “Sanitasi Menunjang Kualitas Air Baku”. Lomba ini diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok yang dimaksudkan untuk memilih peserta terbaik untuk mengikuti Jambore Sanitasi Tingkat Nasional Tahun 2013 serta ingin menjadikan peserta sebagai anak yang bisa paham akan sanitasi serta dapat menyampaikan informasi yang dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadapat masalah sanitasi, sehingga Kota Depok dapat menjadi kota yang indah, bersih, dan sehat.

Sebelum saya dan Ahmad Fauzan mengikuti lomba ini, kami telah bersiap-siap terlebih dahulu untuk memberikan karya tulis dan karya poster sebaik mungkin dengan bimbingan yang diberikan oleh Ibu Ida Faryani untuk karya tulis, dan oleh Bapak Subhan untuk karya poster.

Pada pukul 06.30, saya dan Ahmad Fauzan berangkat menuju SMPN 2 Depok, tempat diadakannya lomba Karya Tulis dan Karya Poster, kami berangkat dengan diantar oleh orang tua kami. Selama di perjalanan, saya merasa cemas karena saya tidak pernah mengikuti lomba karya tulis sebelumnya, tetapi saya akan berusaha untuk membuat karya tulis sebaik mungkin agar bisa mengharumkan nama baik sekolah saya, yaitu SMPN 14 Depok. Pada pukul 07.30 kami pun sampai di SMPN 2 Depok, dan di sana sudah terlihat banyak peserta dari sekolah lain. Guru yang mengantar kami dalam lomba ini adalah Bapak Sukamso. Kami pun segera menuju Aula SMPN 2 Depok, tempat lomba ini akan dilaksanakan. Sebelum memasuki Aula, kami diperkenankan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu, dan kami mendapatkan nomor peserta yang sama, yaitu nomor 008, setelah mendaftarkan diri, kami dipersilakan untuk memasuki aula dan mencari tempat duduk. Kami duduk terpisah, karena bagian tempat untuk karya tulis dan karya poster dipisah. Saya duduk di bagian depan, dan Ahmad Fauzan duduk di bagian belakang. Sebelum acara pembukaan lomba ini dimulai, saya menghafalkan karya tulis yang semalam saya buat untuk nanti saya buat ulang dalam lomba karya tulis ini. Jam pun menunjukkan pukul 08.30 dan acara pembukaan Lomba Karya Tulis dan Karya Poster pun dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia yaitu Lagu Indonesia Raya serta sambutan yang dilakukan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok, serta para dewan juri. Setelah acara pembukaan selesai, panitia pun mulai merapikan peserta untuk duduk sesuai dengan nomor urutan pesertanya.

Jam pun menunjukkan pukul 09.15 yang artinya Lomba Karya Tulis dan Karya Poster ini akan segera dimulai, semua peserta pun mulai menyiapkan alat tulis maupun alat lukisnya di atas meja. Jam tepat menunjukkan pukul 09.20, Lomba Karya Tulis dan Karya Poster pun dimulai, dalam lomba ini ada tiga pilihan sub tema, yaitu “Persampahan: Ayo Lakukan 3R (Reuse, Reduce, Recycle)”, “Air Limbah: MCK Sehat Kita Sehat”, dan “Drainase: Ayo Jaga, Alirkan dan Simpan Air” saya dan Ahmad Fauzan pun memilih sub tema yang sama yaitu “Ayo Lakukan 3R (Reuse, Reduce, Recycle)”. Alasan saya memilih sub tema ini adalah karena saya sudah mampu memahami tentang 3R dan juga menurut saya 3R itu lebih mudah. Kami diberi waktu 3 jam untuk menyelesaikan karya poster dan karya tulis itu, semua peserta mengerjakan karya tulis dan karya poster dengan serius karena semua peserta ingin menang dalam lomba ini, termasuk kami, dan Alhamdullillah sebelum waktunya habis kami mampu menyelesaikan karya itu dengan baik. Jam pun menunjukkan pukul 12.30 yang artinya waktu untuk mengerjakan karya tulis dan karya poster sudah habis, dan semua peserta harus menyerahkan hasil karyanya untuk dinilai oleh para juri. Semua peserta pun mengumpulkan hasil karya secara bergiliran dan tertib sesuai dengan nomor pesertanya. Setelah memberikan hasil karya itu, peserta diperbolehkan untuk makan, sholat, dan bermain terlebih dahulu sampai pukul 14.20, yaitu saatnya pengumuman peserta yang masuk 10 besar dan kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh peserta 10 besar. Sambil menunggu pengumuman itu, kami pun makan, sholat, dan bercengkrama dengan teman-teman baru kami dari sekolah lain. Tak terasa waktu pun menunjukkan pukul 14.20, yang artinya adalah saatnya pengumuman peserta yang masuk 10 besar, harap-harap cemas yang kami rasakan ketika pengumuman ini disampaikan, dan ternyata kami pun tidak masuk ke dalam 10 besar, rasa kecewa dan sedih pun seolah-olah menghampiri diri kami, walaupun demikian tetapi kami tetap senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Karena hari sudah sore, dan rasa lelah itu sudah sangat melekat pada tubuh kami, kami memutuskan untuk pulang tanpa menyaksikan penyuluhan oleh peserta 10 besar terlebih dahulu.

Terimakasih Bapak dan Ibu guru yang telah mempercayai kami untuk dapat membawa nama baik sekolah dalam lomba ini, serta membimbing kami agar kami dapat membuat karya tulis dan karya poster dengan sebaik mungkin. Pengalaman ini akan kami jadikan sebagai sebuah pengalaman yang sangat berharga agar kelak kami dapat membuat karya tulis dan karya poster yang lebih baik lagi.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: