Program Kerja Tahunan OSIS

Berikut Contoh Program Tahunan OSIS SMPN 14 Depok

BAB  I

PENDAHULUAN

  I. Latar Belakang

            Pendidikan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, berkepribadian, mandiri, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, beretos kerja, propesional, bertanggung jawab dan produktif serta sehat dan jasmani. Selain itu tujuan pendidikan nasional berupaya menumbuhkan jiwa kepemimpinan, patriot, semangat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial serta kesadaran pada sejarah bangsa.

            Untuk mencapai tujuan tersebut perlu dilakukan berbagai kegiatan melalui jalur sekolah dan jalur luar sekolah. Pada jalur sekolah dapat dilakukan dengan adanya kegiatan Intra Kurikuler dan Ekstra Kurikuler. Salah satu bentuk kegiatannya adalah dengan adanya Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ). Hal ini sesuai dengan Ketetapan MPR No IV / MPR / 1978 tentang strategi pembinaan dabn pengembangan generasi muda seta keputusan Mendikbud No. 0323 / U / 1978 tentang pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda melandasi pembentukan OSIS di sekolah.

            Sebelum lahirnya OSIS, disekolah tingkat SMP dan SMA terdapat berbagai macam corak organisasi kesiswaan yang beraneka ragam. Ada organaisasi siswa yang dibentuk didalam sekolah itu sendiri dan ada sebagian yang dibentuk diluar sekolah. Sehingga hal ini pada akhirnya dapat menimbulkan suasana atau situasi yang kurang menguntungkan bagi sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.

            Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan suatu wadah pembinaan dan pengembangan bakat / kreativitas  generasi muda dalam hal ini siswa di lingkungan sekolah.  Selain itu, keberadaaan OSIS diharapkan dapat berperan dalam meredam dan mencegah lahirnya berbagai bentuk penyimpangan perilaku siswa serta dapat menunjang pembinaan generasi muda sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu pembentukan kader penerus bangsa dalam mengisi pembangunan nasional.

II. Dasar Hukum

Yang mendasari pembinaan kesiswaan dilingkungan sekolah, antara lain adalah :

  1. Pancasila dan UUD 1945
  2. Tap MPR No IV / MPR / 1978
  3. Tap MPR No II / MPR / 1983
  4. Undang Undang RI No. 2 Tahun 1989, tentang Sistem Pendidikan Nasional
  5. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I Nomor 0461/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan
  6. Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 201/C/Kep/O/1986 tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan.

III. Tujuan

Siswa sebagai bagian dari generasi muda bangsa dan penerus perjuangan bangsa dalam mengisi pembangunan nasional, maka pelaksanaan pembinaan kesiswaan melalui jalur pembinaan kesiswaan ( dalam hal ini OSIS ) harus menjadi bagian integral dan merupakan satu kesatuan dalam program pendidikan secara keseluruhan. Dengan adanya program pembinaan kesiswaan, diharapkan siswa mampu :

  1. Menumbuhkembangkan potensi positif yang dimiliki siswa seoptimal mungkin
  2. Agar siswa memiliki sikap dsiplin, beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, berpengetahuan luas dan berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaaan.

IV. Pengertian

  1. Organisasi secara umum adalah sekelompok kerjasama antara manusia yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan organisasi yang dimaksud disini adalah wadah siswa untuk mencapai tujuan kegiatan, pembinaan dan pengembangan siswa.
  2. Siswa adalah peserta didik pada satuan jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah
  3. Intra artinya didalam. Maksudnya organisasi ini bersifat terbatas antar siswa dalam sekolah dan tidak ada hubungannya dengan organisatoris dengan sekolah lain.
  4. Sekolah adalah bentuk satuan pendidikan dasar ataupun pendidikan menengah yang bertujuan memberikan bekal kemampuan kepada siswa dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi dan anggota masyarakat.
  5. OSIS adalah satu-satunya organisasi siswa yang sah disekolah sebagai wadah siswa berorganisasi
  6. Pembina siswa adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pembinaan dan pengembangan OSIS disekolah itu. Meliputi kepala sekolah dan wakil beserta tenaga pendidik lainnya.

Baca Selengkapnya…..

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: