Lomba Pasanggiri Jawa Barat 2015

FLSN B SUNDA 2015 (3)Nama saya Salsabila Zahrah Aristawati kelas 8.3 SMPN 14 Depok, saya menjuarai Pasanggiri tingkat Kota Depok dan dilanjutkan kejenjang tingkat Provinsi Jawa Barat. Pada 9 Juni 2015 rombongan Pasanggiri Kota Depok berkumpul di SMPN 1 Depok lalu berangkat menggunakan bus kecil ada juga yang diantar orang tuanya. Sampai di Lembang tepatnya di Villa Teratai kami langsung makan siang, dan pembagian kamar, setelah itu kami langsung check in dan beristirahat. Malam harinya kami bersiap-siap menuju aula villa melati untuk acara pembukaan yang dibuka oleh gubernur Bandung lalu disambut oleh tarian dan paduan suara, dan dilanjutkan devile atau yel-yel tiap kontingen. Semua kontingen menampilkan dvile yang sangat meriah dan giliran kota Depok urutan sebelum terakhir, kontingen Depok tak mau kalah dengan kontingen lain, dengan sangat kompak devile yang dibawakan Depok disambut tepuk tangan dari juri kebetulan jurinya banyak yang bule. Setelah tampil kami kembali ke kamar masing-masing dan beristirahat.
Keesokan harinya, kami bangun subuh dan bersiap untuk lomba, udara di Lembang sangat dingin dan bila kita berbicara keluar asap dari mulut. Saya mengikuti lomba maca & menulis aksara, dan ada teman-teman saya yang mewakili Depok juga yaitu Daffa dan Salma (SD), Fidel dan Salsabila (SMP), Yoga dan Febi (SMA). Diruangan kami diberi pengarahan sebentar dan perlombaan dimulai dari tingkat SD selama 30 menit, lalu tingkat SMP, kami diberi soal oleh panitia yaitu berupa wacana 2 paragraf, lalu disalin dikertas yang telah disediakan. Tak terasa setengah jam berlalu, kami meninggalkan ruangan dengan lega walaupun masih ada sesi maca, saya dan Fidel keluar ruangan, dilanjutkan tingkat SMA kak Febi dan Kak Yoga, setelah semua selesai, kami diberi waktu istirahat sampai jam satu. Kami menuju kamar untuk sholat, setelah sholat kami kembali ke ruangan lomba, tapi tiba-tiba hujan deras dan kami menunggu padahal waktu sudah menunjukan jam satu, setelah hujan sedikit reda pembimbing kami Pak Asep mengambil mobilnya, jadi kami semua naik mobil kesana tanpa kebasahan. Ternyata disana sudah ramai, tapi belum dimulai. Ruang membaca dan peserta dipisah, karena mungkin ada kesalahan teknis jadi kami menunggu lama sekali sampai ada peserta yang tertidur hahaha, jam sudah menunjukan pukul setengah tiga akhirnya dimulai dari no.urut 1dan seterusnya, saat mendekati no.14 saya deg-degan tapi tetap tenang, dipanggilah no.14 Daffa lalu Salma, Fidel, Salsabila disana disuruh memilih dua wacana, saya pilih no.2 lalu mulai membaca dan keluar ruangan lalu tanda tangan banyak sekali kira-kira 15 lebih, dan kumpul dibelakang, disana sudah ada pembimbing dan Salma, Daffa, Fidel, lalu dilanjutkan ka Febi dan ka Yoga. Setelah kami, aksara sudah selesai kami foto-foto, ngobrol, dan kami ingin melihat yang dongeng tapi tidak jadi karena urutannya masih lama, dan kata panitia yang SMP putrid kira-kira habis magrib, lalu kami kembali ke kamar dengan lega karena sudah bebas, setelah magrib Audry menuju ruangan lomba dan mulai mendongeng.

IMG-20150525-WA0005Keesokan harinya, lomba masih berlanjut karena masih ada beberapa lomba yang belum. Pada pagi hari kami sarapan dan melihat yang lomba setelah melihat Fahri mendongeng, saya ,Audry, Kak Febi, dan Bu Tety jalan-jalan disekitar villa, disana banyak sekali yang berjualan kaos, tas dari rajutan, sweater, gantungan, boneka, dan masih banyak lagi.
Pada hari ketiga lomba masih tetap berlangsungyaitu dongeng SMA dan tari SMA, malam harinya acara penutupan, ini adalah acara yang ditunggu-tunggu, pengumuman juara dimulai dari aksara dulu, SD tidak ada yang juara dari Depok, SMP putra juga tidak ada, pas SMP putrid saya tidak terlalu berharap untuk menang karena saingannya adalah orang sunda semua, ternyata benar namaku tidak disebutkan dalam daftar pemenang, saya tidak sedih tapi saya takut mengecewakan yang lain. Tapi kontingen Depok berhasil menjuarai beberapa lomba yaitu, ka Febi harapan 1 aksara putri SMA, Putri juara 2 dongeng putri SD, dan Clarisa harapan satu pupuh putrid SD, dan tidak disangka devile kota Depok mendapat juara 1, kami sangat bangga sekali. Pada malam itu juga ada yang langsung pulang dan ada juga yang menginap lagi. Keesokan paginya kami kembali ke Depok dengan selamat.
Itulah pengalaman saya selama lomba Pasanggiri tingkat Provinsi, saya sangat senang karena sudah mendapat pengalaman dari semuanya walaupun tidak menang, tapi masih banyak kesempatan untuk mengikuti lagi di SMA. ( oleh Salsabila Zahrah Aristawati 8.3 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: