Program MOPD 2013

PROGRAM MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU

SMP NEGERI 14 DEPOK TAHUN PELAJARAN 2013-2014

 

A.          Latar Belakang Masalah

Pendidikan adalah suatu proses yang berlangsung seumur hidup.  Dilingkungan pendidikan formal (sekolah), dikenal adanya jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan dan Pendidikan Tinggi. Tiap-tiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya.  Kekhususan tersebut dibutuhkan karena cara penyampaian materi pendidikan perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis peserta didik.

Ciri khusus pada setiap jenjang pendidikan menyebabkan kebiasaan belajar yang dikembangkan sebelumnya harus ditinggalkan dan diganti dengan cara belajar yang baru sesuai dengan jenjang pendidikan yang didudukinya. Penggantian kebiasaan belajar memerlukan proses tersendiri yang tidak mudah dilakukan oleh setiap peseta didik. Seperti halnya pada minggu pertama memasuki jenjang pendidikan yang baru, seringkali diikuti rasa keraguan, kebingungan, bahkan menimbulkan ketegangan yang tidak sepenuhmya disadari. Hal ini terjadi karena berada pada lingkungan (fisik maupun sosial) yang baru. Perasaan semacam itu jika dibiarkan secara terus menerus akan membawa dampak terhadap terhadap suka tidaknya berada di lingkungan yang baru, bahkan membawa pengaruh terhadap kelancaran dalam belajar.

Dalam rangka membantu peserta didik baru agar dapat mengenal, beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah serta lingkungan sekolah, mengetahui dan memahami tata tertib sekolah, mengetahui hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai bagian dari warga belajar sekolah, perlu adanya suatu orientasi untuk peserta didik. Untuk mengantar seorang anak memasuki jenjang pendidikan yang baru, misalnya Sekolah Menengah Pertama (SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menetapkan suatu masa orientasi untuk peserta didik baru yang disebut Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD).

Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD) ini diadakan sebagai upaya untuk menjembatani peserta didik yang baru untuk mengenali berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, baik berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial, maupun isi dan cara-cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pada jenjang pendidikan sebelumnya (Sekolah Dasar (SD)/MI). 

Disamping memperkenalkan lingkungan fisik, lingkungan sosial (para Guru dan kakak kelas), lingkungan masyarakat, MOPD juga ditujukan untuk memperkenalkan pembelajaran yang baru. 

 B.          Landasan Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD )

  1. Undan-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 No. 78, Tambahan Lembaran Negara No. 4496
  2. Peraturan pemerintah No.1 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 38 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan
  5. Surat Edaran Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 220/C/MN/2008 tanggal 18 Januari 2008, perihal “Masa Orientasi Sekolah”
  6. Surat Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dn Menengah No. 1383/C?MN?2010 tanggal 21 Juni 2010 tentang Pelaksanaan MOS
  7. Buku Pedoman Pembina Masa Orientasi Siswa (MOS) Tahun 2008
  8. Pedoman Penyelenggaraan MOPD dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat dengan No. Surat 420/330  Disdik /2002.

C.           Tujuan Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD )

Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD ) bertujuan menyiapkan diri untuk lebih cepat beradaptasi terhadap lingkungan baru yang akan didudukinya serta memberi kontribusi yang cukup besar terhadap peningkatan perkembangan individu dan sosial agar peserta didik dapat :

 1.      Penumbuh kembangkan keimanan dan ketaqwaankepada Tuhan Yang Maha Esa

2.      Memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan setiap perubahan yang terjadi di lingkungan sekolahnya.         

3.      Meningkatkan keterampilan belajar, sehingga mampu mengatasi masalah yang akan dihadapi berkaitan dengan program belajar.

4.      Memiliki kesadaran untuk bersikap dan bertingkah laku sebagai insan pelajar yang berbudi pekerti yang luhur.

5.      Memiliki rasa kebanggaan menempuh pendidikan di sekolahnya (SMP) sehingga mampu melaksanakan fungsi, hak dan kewajiban serta tanggung jawabnya sebagai warga belajar yang baik.

6.      Mengembangkan pribadinya secara optimal, sehingga menjadi sumber daya manusia yang efektif.

7.      Pembentukan manusia sehat jasmani dan rohani

D.          Metode Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD )

 Metode yang digunakan pada kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD)  di SMP Negeri 14 Depok adalah dengan cara menyesuaikan dengan situasi, kondisi, dinamika, bermain peran/simulasi,  dan penugasan dalam rangka menumbuhkan sikap demokratis, kritis, kreatif sejak dini.

E.                    Prinsip Penyelenggaraan  Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD )

1.      MOPD diselenggarakan selama 3 (tiga) hari.

2.      Bersifat fleksibel (luwes), acara dan materi serta keterampilan yang dikembangkan  disesuaikan denga kondisi sekolah.

3.      Pelaksanaan mengacu pada prinsip 5M (Mudah, Murah, Meriah, Menyenangkan, dan Massal).

4.      Pelaksanaan kegiatan dapat dibentuk kelompok atau gugus dari peserta didik baru. Setiap sub. Kelompok ataupun gugus dibatasi 36 orang sampai dengan 40 orang.

5.      Direncanakan dengan baik, dengan melibatkan secara aktif  seluruh warga sekolah.

6.      Penyampaian materi MOPD menghindari metode penggunaan ceramah dan tidak mengarah ke perpeloncoan.

7.      Penyampaian materi lebih menekankan pada nilai-nilai karakter bangsa.(pendidikan karakter bangsa).

F.          Waktu dan Tempat Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD)

         Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) di SMP Negeri 14 Depok dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 11 –  13 Juli 2013. Dimulai

         pukul 07.15 s.d. 12.30 WIB. Tempat Pelaksanaan : ruang kelas dan lingkungan SMP Negeri 14 Depok.

G.      Langkah-langkah Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik  ( MOPD )

1.      Membentuk panitia penyelenggara

2.      Membentuk gugus

3.      Menentukan koordinator  dan siswa pendamping gugus

4.      Pengarahan teknis

5.      Penyusunan acara

6.      Penentuan lokasi penyelenggaraan

7.      Pelaksanaan kegiatan

 H.                   Peserta Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD )

Peserta MOPD adalah seluruh anak didik yang telah dinyatakan diterima sebagai calon siswa SMP Negeri 14 Depok tahun pelajaran 2013/2014. Dengan jumlah 319 siswa/i yang terbagi menjadi 10 gugus.

I.                      Materi Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD )

                Materi MOPD yang diberikan pada dasarnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan upaya menghantarkan peserta didik agar cepat beradaptasi

                dengan lingkungan SMP Negeri 14 Depok. Materi-materi tersebut antara lain :

1.      Wawasan Wiyata Mandala

2.      Program Sekolah (Visi dan Misi Sekolah)

3.      Pengenalan Program OSIS

4.      Hak dan Kewajiban Siswa

5.      Dinamika Kelompok             :

6.      Program BK   :  Refleksi Diri

7.      Parade Ekskul

8.      Penghangat Suasana

9.      Sholat Dzuhur Berjamaah

 J.                      Sumber Dana Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD )

Sumber dana kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) SMP Negeri 14 Depok tahun pelajaran 2013 – 2014 berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS).

 K.                   Susunan Kepanitiaan Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD )

Susunan Panitia kegiatan  Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) SMP Negeri 14 Depok tahun pelajaran 2013 – 2014 terlampir.

 L.                    Penutup

 Demikian program kerja ini kami buat sebagai kerangka acuan untuk lebih memudahkan penyelenggaraan MOPD dengan mempertimbangkan kondisi dan situasi di SMP Negeri 14 Depok.Petunjuk pelaksanaan ini akan lebih berarti apabila diikuti peran aktif dan kreatif seluruh warga sekolah serta dukungan orang tua siswa, masyarakat, dan pemerintah setempat.

Semoga dengan terselenggaranya MOPD dapat membantu sekolah meningkatkan sumber daya manusia sebagai modal awal pembinaan peserta didik memasuki dunia pendidikan yang baru.

                                                                                     Depok, Juli 2013

Mengetahui                                                               

Kepala Sekolah                                                          Ketua

 


H. KRISNA. K. AMELA, M.Pd                                   AHMAD SUJAI, S.Ag

NIP. 19590422198101 1 002                                  NIP.197805272003121004

         

Untuk lengkapnya dapat didownload disini              

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: