Laporan Studi Wisata Jogyakarta

jogya-2015-cropPada tanggal 5-8 November 2015, SMP Negeri 14 Depok mengadakan study tour ke jogja-dieng. Sebelum berangkat kami semua berkumpul di Qutubul Amin. Saya berangkat dari rumah ke Qutubul Amin jam 05.00. Ketika saya sampai disana suasananya sudah sangat ramai . Setelah sampai di sana saya langsung bergegas mengambil tas dan langsung menaruhnya di bagasi bus dan saya pun langsung berkumpul bersama yang lainnya di lapangan Qutubul Amin. Sebelum berangkat kami berdoa terlebih dahulu agar sampai di sana dengan selamat dan tidak terjadi apa-apa. Selesai berdoa kami pun masuk ke dalam bus yang telah di siapkan dan juga diatur oleh Dipo Tour And Travel. Saya menaiki bus B dan di dalam bus tersebut, saya dan seluruh kawan-kawan di bimbing oleh Pak Subhan,Bu Hartina,Bu Linda,Bu Rosita dan juga ka Andre dari Dipo Tour And Travel. Kemudian bus pun dijalankan, tak lupa kami membaca doa agar selama di perjalanan kami di lindungi oleh-Nya.
Selama diperjalanan,banyak hal yang kami lakukan. Kami bermain,bernyanyi dan tertawa bersama. Kami juga tidak lupa mengambil gambar di dalam bus . Kami terlihat bahagia sekali pada saat itu. Tak terasa jam telah menunjukkan pukul 12.30 siang , kami sampai di daerah Brebes dan bus yang kami naiki berhenti di suatu rumah makan disana. Kami pun makan siang di tempat tersebut kami juga melaksanakan salat dzuhur yang dijamak taqdim dengan asar bagi peserta muslim. Setelah selesai, kami kembali menaiki bus. Sebelum melanjutkan perjalanan,para pembimbing melakukan absensi agar tidak ada peserta yang tertinggal. Kami juga tidak lupa berdoa kembali. Perjalanan pun di lanjutkan , kami bermain dan bersuka ria kembali. Suatu ketika pada pukul 16.00 sore aku tak sengaja tertidur.
Ketika saya bangun hari sudah gelap, kemudian sekitar jam 18.30 bus yang saya dan teman-teman naiki berhenti di suatu rumah makan di daerah….. kami makan malam di tempat tersebut, tak lupa kami pun mengambil gambar disana. Para peserta muslim juga melaksanakan solat magrib yang dijamak taqdim dengan solat isya. Setelah selesai kami menaiki bus kembali. Sebelum melanjutkan perjalanan , para pembimbing melakukan absensi kembali agar tidak ada peserta yang tertinggal. Kami juga tak lupa berdoa seperti sebelumnya. Perjalanan pun dilanjutkan, saya dan teman-teman pun mulai mengantuk dan kami pun tidur. Ketika saya bangun ternyata kami sudah samapai di penginapan. Sesudah sampai disana kami pun langsung turun dan langsung menuju ke kamar tetapi ada satu kesulitan yaitu kami tidak tahu cara membuka pintunya dan setelah kami berusaha akhirnya pintu kamar hotel pun bisa terbuka. Kami pun langsung masuk kedalam tetapi kami semua tidak langsung tidur. Kami berbincang-bincang, menonton TV terlebih dahulu sebelum tidur. Kami tidur jam 12.00 malam dalam keadaan yang sudah sangat lelah.
Keesokan harinya kami bangun dan mandi bergantian. Kemudian kami bersiap-siap untuk hari pertama wisata kami ini, sebelum turun untuk bersarapan kami berfoto-foto terlebih dahulu . Selesai kami bersiap-siap, kami segera sarapan di tempat yang telah disiapkan. Selesai makan, saya dan teman-teman menuju bus kami. Bus B tidak ada di parkiran hotel dan mau tidak amu kami harus berjalan dari hotel menuju halaman depan hotel yang tempatnya tidak jauh. Saat di dalam bus ka Andre memberitahu bahwa pada hari pertama ini tempat yang akan kami kunjungi adalah Candi Borobudur,Desa Penting Sari, dan Malioboro. Setelah kan Andre memberitahu bus B pun melanjutkan perjalanan untuk menuju Candi Borobudur sekitar pukul 08.00. Tempat kunjungan kami sangatlah jauh dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Kurang lebih waktu yang kami butuhkan untuk menuju Candi Borobudur 1-2 jam. Kami pun tiba di Candi borobudur dan kami langsung turun menuju loket untuk diperiksa barang bawaannya. Tak lupa kami disana berfoto-foto.
Tak terasa waktu kunjungan kami di Candi Borobudur telah habis dan kami pun langsung menuju bus sekitar pukul 12.00. Tak lupa para pembimbing melakukan absensi. Lalu, bus pun berangkat menuju tempat wisata yang ke-2 yaitu Desa Penting Sari. Di tengah perjalanan kami berhenti sejenak untuk solat jumat bagi laki-laki. Dan ketika itu cuacanya mendung dan disertai gerimis. Selesai solat kami pun melanjutkan perjalanan menuju Desa Penting Sari. Kami tiba di Desa Penting Sari pada pukul 14.30 dan kami langsung menuju tempat membatik. Selesai membatik kami langsung mengambil air wudhu untuk solat ashar yang di jamak takhir dengan solat dzuhur. Selesai solat kami pun langsung menuju bus. Tak lupa para pembimbing melakukan absensi kembali untuk memastikan agar tidak ada siswa/i yang tertinggal. Dan kami tak lupa membaca doa agar selamat sampai tujuan dan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
Kali ini tempat yang kami kunjungi adalah Malioboro. Waktu yang di tempuh untuk sampai di Malioboro lumayan lama, kami mengisi waktu luang dengan berkaroke. Tak terasa kami pun sudah sampai di Malioboro. Kami sampai di malioboro pada pukul 18.10. Tetapi kami tidak langsung menuju ke Malioboro, kami solat magrib terlebih dahulu, dan ketika sudah selesai kami pun langsung menuju Malioboro. Kami keMalioboro dengan berjalan kaki, jaraknya ya lumayan jauh tapi kami senang karena kami bisa lebih melihat lihat dareah tersebut. Kami ke Malioboro untuk membeli buah tangan untuk yang ada di rumah, selesai berbelanja kami langsung menuju ke bus dan tidak lupa para pembina mengabsensi kembali utuk berjaga-jaga agar tidak ada yang tertinggal.
Tujuan kami setelah ke Malioboro adalah restoran yang saya lupa namanya untuk makan malam terlebih dahlu. Setelah itu baru kami semua malaksanakan makrab ( malam keakraban). Malam keakraban ini menampilkan suatu penampilan dari setiap bus. Penampilan dalam acara ini sangat mengagumkan. Dalam acara ini seharusnya ada pembagian door prize tetapi malah tidak ada, saya sangat kece dengan Dipo Tour and Travel. Tetapi acar ini sangat menyenangkan hingga rasa kecewa saya kepada Dipo Tour And Travel hilang karena suasana sangat menyenagkan. Di malam Makrab ada teman saya yang dikerjain karena hari itu dia berulan tahun yang bernama Azaka putri. Suasana di sana menjadi sangat ramai sekali. Acara ini terasa begitu cepat berlalu. Sekitar pukul 11.30 kami pun kembali kepenginapan. Saya dan teman-teman langsung menaiki bus untuk menuju ke tempat penginapan kami. Ketika sampai di penginapan waktu menunjukan pukul 12.00 malam. Kami pun harus segera tidur karena besok kami harus bangun pagi-pagi sekali.
Keesokan harinya kami bangun kesiangan karena kami tidur terlalu malam dengan kondisi yang sangat melelahkan. Kami bangun jam 05.30 pagi dan kami hanya mempunyai waktu 1 jam untuk bersiap-siap. Sebelum turun ke bawah kami berfoto-foto terlebih dahulu . Selesai bersiap-siap kami pun turun kebawah untuk sarapan. Hari itu adalah hari terakhir kami di jogja karena ketika acara sudah selesai kami langsung pulang ke Depok. Selesai sarapan kami langsung ke bus dan menaruh tas kami di bagasi bus. Di dalam bus, ka Andre memberitahu bahwa hari ini kami akan pergi ke Wonosobo, lebih tepatnya ke Telaga Menjer, Candi Arjuna, Kawah Sikidang , dan Telaga warna. Lama perjalanan dari tempat penginapan sangat lama di tambah jalanannya yang berliku-liku membuat berut saya tidak enak dan membuat kepala saya pusing . Sebelum ke tempat wisatanya kami harus translit bus terlebih dahulu, karena bus kami tidak bisa melewati jalanan itu. Tempat wisata yang pertama kali kami kunjungi di Wonosobo adalah telaga Menjer. Keadaan waktu itu sedang hujan membuat kunujungan wisata kami sangat tidak seru karena cuaca disana sedang hujan. Tetapi pemandangan yang ditawarkan Telaga Menjer sangatlah indah membuat mata kami terpesona dengan keindahannya. Sebelum meneruskankan perjalanan kami berfoto-foto terlebih dahulu.
Selesai mengunjungi Telaga Menjer kami semua pergi ke Candi arjuna. Suhu di dataran tinggi Dieng sangat dingin hingga kami berbicara dan bernafas keluar asap, tetapi asap tersebur tidak berbahaya karena itu sanagt alami. Di tambah lagi waktu kami disana sedang hujan, dan dinginnya semakin bertambah. Sehingga saya membeli sarung tangan untuk membuat tangan saya terasa hangat. Kami juga berfoto-foto disana untuk dijadikan kenang-kenangan.
Selesai mengunjungi Candi Arjuna kami melanjutkan perjalanan kami menuju Kawah Sikidang yang letaknya sangat dekat dengan komple Candi Arjuna. Ketika kami baru memasuki gerbang kawah kami bisa mencium bau belerang yang sangat menyengat dan sehingga saya harus membeli masker agar bau belerangnya tidak sangat menyengat. Kami pun tak lupa berfoto-foto untuk dijadikan kenang-kenangan. Tetapi saya hanya bisa melihat kawah itu hanya sebentar saja karena ada teman kami yang minta diantarkan ke toilet.
Setelah mengunjungi kawah Sikidang kami segera melanjutkan perjalanan ke Tekaga Warna. Karena kondisi cuaca ditempat itu sedang tidak bagus sehingga kami tidak bisa melihat warna-warna dari telaga tersebut. Kami hanya bisa berfoto-foto di pinggir telaga saja. Setelah selesai mengunjungi Telaga Warna kami pun bergegas untuk pulang ke Depok. Sebelum pulang ke Depok kami membeli manisan khas Wonosobo yaitu manisan carica, rasanya sangat manis dan enak. Setelah selesai berbelanja kami pun naik bus untuk melanjutkan perjalanan kami pulang ke Depok. Kami pulang ke Depok kalau tidak salah pada pukul 17.30. Sebelum pulang kami harus translit bus terlebih dahulu. Setelah kami turun dari bus tersebut kami langsung menaiki bus yang telah di siapkan oleh Dipo Tour And Travel. Tak lupa para pembimbing mengabsensi kami kembali agar memastikan tidak ada yang tertinggal. Tak lupa kami pun berdoa terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan kami agar selamat sampai tujuan.
Bus kami pun berangkat. Tawa canda dan kegembiraan memenuhi wajah semua teman-teman ku. Dan saya juga sangat senang karena saya mendapat pengalaman baru. Di perjalanan kami melihat-lihat gambar yang tadi kami ambil bersama. Tak terasa waktu pukul 19.00 dan bus kami berhenti di sebuah restotan yang saya tidak tahu nama restoran itu untuk makan malam dan solat isya yang dijamak takhir dengan solat magrib. Selesai makan malam dan solat kami langsung menaiki bus kembali untuk melanjutkan perjalalan kami yang masih panjang. Kerena kondisi kami sudah sangat lelah kami semua pun tertidur nyenyak. Pada pukul 03.00 dini hari bus kami salah mengambil jalur dan bus kami pun tersasar. Kami berhenti di pom bensin untuk buang air kecil dan ketika semua sudah ada di dalam bus kami pun melanjutkan perjalanan. Saya pun tertidur kembali karena saya masih sangat mengantuk dan lelah.
Ketika jam menunjukkan pukul 05.00 kami berhenti di sebuah Reas Area untuk melaksanakan solat subuh. Dan ketika semua sudah selesai solat kami langsung menaiki bus kembali dan para pembimbing melakukan absensi. Tak lupa kami berdoa dan kami melanjutkan perjalanan yang sudah lumayan dekat dengan Depok. Selama diperjalanan, kami menonton suatu film. Film itu sangat seru, kami semua tidak sadar apabila kami telah tiba di Kota Depok. Para pembimbing pun meminta kami memeriksa barang-barang bawaan kami agar tidak ada barang yang tertinggal dibus. Kami semua pun sampai dengan selamat, saya sangat senang karena saya bisa menceritakan pengalaman saya ke pada keluarga yang ada di rumah. Kami tiba di Depok sekitar pukul 08.00 Pagi. Saya sanagt senang karena kami semua sampai di Depok dengan selamat.

————SELESAI————

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: